Yuk, Ketahui Beberapa Kelebihan Mobil Berbahan Bakar Diesel

Oli Diesel Idemitsu

Di Indonesia, masyarakat memang lebih banyak memilih kendaraan pribadi yang menggunakan bahan bakar bensin. Sedangkan, di negara-negara Eropa, mereka lebih banyak memilih menggunakan kendaraan berbahan bakar diesel. Alasannya karena mobil berbahan bakar diesel ini dianggap lebih efisien, memiliki sistem pembakaran otomatis, hingga tersedia banyak sekali jenis oli diesel terbaik yang akan membuat kinerja mesin menjadi lebih baik dan awet.

Terdapat beberapa kelebihan yang akan diperoleh jika menggunakan kendaraan berbahan bakar diesel ini, di antaranya adalah: 

1. Mesin yang lebih efisien
Salah satu kelebihan yang dapat Anda peroleh ketika membeli mobil mesin diesel adalah kerja mesin yang lebih efektif. Umumnya, mesin mobil yang menggunakan bensin hanya bisa mengonversi kira-kira 30 persen energi untuk menyalakan mobil. Sementara, mesin diesel dapat mengonversi 45 sampai 50 persen untuk listrik.

2. Penggunaan pengapian otomatis
Ketika Anda mengendarai kendaraan dengan mesin diesel, maka bahan bakar tersebut akan menyala secara otomatis. Artinya, Anda tidak membutuhkan busi ataupun kawat ketika pengoperasiannya, yang membuat biaya pemeliharaan akan menjadi lebih rendah. Di samping itu, komponen-komponen kendaraan pun akan lebih sedikit beroperasi. (Source: Otolovers.com)

3. Mesin yang lebih terpercaya
Mesin diesel tidak membutuhkan sistem pengapian dengan tegangan tinggi dan tidak memancarkan frekuensi radio yang bisa mengakibatkan masalah sistem elektronik. Hal ini tentunya akan membuat mesin diesel menjadi lebih awet dan tahan lama.

4. Menggunakan bahan bakar yang lebih aman
Mesin diesel dikatakan lebih aman daripada mesin yang menggunakan bensin biasa. Di mana, jika terkena sumber panas yang tinggi, diesel akan lebih sulit terbakar. Bahan bakar diesel juga tidak mengeluarkan uap bahan bakar, sehingga kemungkinan kebakaran kendaraan akan lebih kecil dibanding kendaraan yang menggunakan bensin. 

5. Mesin diesel lebih dingin
Dibandingkan mesin berbahan bakar bensin, mesin diesel memiliki suhu yang lebih dingin. Mesin diesel bekerja lebih efisien dan menghasilkan limbah panas yang lebih sedikit. Hal tersebut dikarenakan kompresi yang sangat tinggi untuk membuat tenaga.

6. Biaya bahan bakar yang lebih murah
Memang, harga bahan bakar diesel nonsubsidi cenderung lebih tinggi dari bahan bakar jenis lainnya. Namun, secara keseluruhan harga bahan bakar diesel ini lebih rendah dibanding mesin bensin.

Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa kelebihan dari kendaraan berbahan bakar diesel. Nah, untuk Anda pengguna mobil diesel, maka disarankan menggunakan oli mesin diesel dari Idemitsu. Terdapat dua pilihan oli mesin diesel yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan mesin kendaraan Anda. Idemitsu CI-4/DH-1 15W-40 yang mampu menjaga mesin tetap bersih di setiap kondisi dan Idemitsu CF-4/SG 15W-40 yang memiliki kandungan zat anti korosi dan anti karat yang bagus.

Semoga bermanfaaat!

Posting Komentar

0 Komentar