Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Perawatan Preventif Oleh Operator Genset

Operator Genset

Genset merupakan sebuah mesin yang digunakan sebagai pembangkit listrik. Namun pembangkit listrik ini harus didapatkan dari beberapa sumber seperti PLTB, PLN, dan lain sebagainya. Sehingga masyarakat bisa menikmati penerangan yaitu lampu. Namun genset ini juga perlu dirawat seperti yang dipaparkan pada website https://sewatama.com/id/pentingnya-perawatan-preventif-bagi-genset-diesel/.

Adapun ukuran dari genset tersebut memang besar sehingga diperlukan perawatan agar bisa berjalan dengan baik dan aman. Namun perawatan ini harus dilakukan oleh orang yang sudah mengetahui bagian-bagian dari mesin tersebut. Berikut ini merupakan paparan mengenai hal yang harus diperhatikan dalam perawatan preventif oleh PT Sumberdaya Sewatama.

1. Bagian Lubrikasi
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memeriksa bagian lubrikasi atau pemeriksaan oli genset secara berkala. Di mana pemeriksaan ini bisa menggunakan dipstick sehingga level oli selalu dekat dengan tanda penuh. Apabila level oli genset tersebut berkurang maka bisa ditambahkan oli yang memiliki kualitas sama dengan oli sebelumnya. Oleh sebab itu bagian lubrikasi tersebut bisa berjalan dengan baik.

2. Bagian Cooling System
Selanjutnya adalah bagian cooling system untuk memeriksa level cairan pendingin genset. Cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa bagian ini adalah dengan melepaskan tutup radiator terlebih dahulu. Selanjutnya tambahkan pendingin yang memiliki kapasitas yang telah disediakan. Setelah sudah menambahkan pendingin, maka periksa bagian luar cooling system jika terdapat kotoran.

3. Bagian Sistem Bahan Bakar Pada Mesin Genset
Bagian sistem bahan bakar pada genset juga perlu dirawat seperti mengisi bahan tersebut secara penuh. Sehingga bisa menghindari terjadinya korosi dan kontaminasi pada genset. Karena korosi ini bisa terjadi jika terjadi uap embun pada tangki genset yang diisi secara tidak penuh. Oleh karena itu, cara yang dilakukan untuk menghilangkan embun uap adalah dengan mengeringkan filter bahan bakar.

4. Bagian Baterai
Bagian baterai juga perlu dilakukan perawatan sehingga tidak terjadi kegagalan pada sistem otomatis genset. Perawatan baterai ini cukup mudah dilakukan tanpa dilakukan secara berkala. Namun harus baterai genset ini harus dipastikan agar bisa bekerja dengan otomatis pada saat aliran listrik utama padam. Adapun hal yang bisa dilakukan seperti menguji, membersihkan, dan memeriksa level elektrolit baterai.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat ingin membersihkan genset dan menggunakan jasa PT Sumberdaya Sewatama. Sehingga genset tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar. Adapun cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengujian mesin secara rutin. Selain itu, bisa juga melakukan inspeksi sistem pembuangan untuk menghindari kebocoran.

Posting Komentar

0 Komentar