Manfaat Tersembunyi Olahraga Basket Yang Perlu Diketahui

Bola Basket Murah

Bermain basket merupakan salah satu olahraga terbaik agar tubuh tetap bugar. Bahkan, mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama memainkan permainan ini setiap hari sebagai bagian dari kegiatan untuk menjaga kebugarannya. Namun kita semua juga bisa berolahraga karena sudah banyak yang jual Bola Basket Murah .

Memang semua olahraga baik untuk tubuh manusia, namun jangan salah ternyata olahraga basket mempunyai banyak manfaat tersembunyi bagi tubuh manusia, mulai dari:

Membakar Kalori
Berjalan, melompat, berlari, dan gerakan lincah lain yang dilakukan di pada permainan basket dapat memberikan efek yang signifikan dalam membakar kalori. Dalam suatu penelitian, 1 jam bermain basket secara kompetitif, 165 orang dapat membakar sekitar 600 kalori, sementara 250 orang lainnya dapat membakar 900 kalori.

Bagus untuk Kesehatan Kardiovaskular
Bola basket dapat membantu Anda mengembangkan daya tahan kardiovaskular, tergantung seberapa sering Anda istirahat saat bermain. Semakin sering dan lama Anda aktif saat bermain, maka detak jantung akan semakin meningkat. Daya tahan ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke di kemudian hari.

Mengembangkan Konsentrasi dan Disiplin Diri
Seperti setiap olahraga lainnya, basket memiliki peraturan untuk diikuti, dan melanggarnya dapat mengakibatkan hukuman yang dapat merugikan bagi Anda maupun tim. Mempraktikkan disiplin diri membantu seseorang menjadi lebih kompetitif, serta bermain bersih dalam permainan, dan fokus pada kemenangan.

Membangun Kekuatan Tulang
Melompat dan tuntutan fisik lainnya dalam permainan bola basket membantu mengembangkan dan memperbaiki kesehatan tulang. Semakin kuat tulang Anda, semakin kecil kemungkinannya untuk rusak atau patah. Aktivitas fisik yang mengandung beban dapat membentuk jaringan tulang baru, sehingga akan membuat tulang menjadi lebih kuat. Tulang dan otot menjadi lebih kuat saat otot mendorong dan menarik tulang selama aktivitas fisik.

Keterampilan dan Koordinasi Motorik yang Lebih Baik
Mengoper bola atau melakukan lemparan ke dalam ring basket sangat membantu untuk melatih koordinasi mata dan tangan. Keterampilan dasar basket seperti menggiring bola, membutuhkan tingkat koordinasi yang lebih baik. Saat pertama kali belajar basket, menggiring bola dapat melatih koordinasi tangan-mata; pada saat keterampilan tersebut sudah dikuasai, maka pemain tidak perlu lagi melihat bola pada saat menggiring bola dan keterampilannya akan menjadi tugas koordinasi motorik murni.

Mengurangi Stres dan Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Permainan bola basket dapat mengurangi stres sehingga membantu Anda fokus dan memiliki lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas. Bermain basket dan olahraga lainnya membantu mengurangi stres dan memberi kesempatan kepada pemain untuk bersosialisasi. Orang yang bersifat sosial jarang mengalami depresi, dan juga cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Menyehatkan jantung
Bermain bola basket bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pasalnya, olahraga basket meningkatkan kesehatan karena Anda terus bergerak saat bermain bola basket, yang meningkatkan detak jantung Anda. Selain itu, bermain basket juga membantu membangun ketahanan tubuh.

Meningkatkan Kepercayaan Diri
Bermain bola basket benar-benar meningkatkan kepercayaan diri siapa pun. Membuat tembakan yang bagus dan menjadi bagian dari tim yang baik dapat meningkatkan harga diri Anda dan membantu mendapatkan kepercayaan diri lebih tinggi. Seseorang yang percaya diri memiliki lebih banyak kepercayaan akan keterampilannya dan dapat menghadapi kehidupan dengan disposisi yang lebih baik.

Nah itulah, beberapa manfaat yang bias didapatkan jika melakukan olahraga basket dengan rutin, namun sebenarnya olahraga apapun mempunyai banyak manfaat untuk tubuh manusia, jadi jangan lupa untuk terus berolahraga yaaa.

Posting Komentar

0 Komentar