Inilah Jenis-Jenis Gangguan Mentalyang Harus Direhabilitasi

Kecanduan Game

Gangguan mental merupakan salah satu masalah yang cukup serius jika tidak segera dilakukan penyembuhan. Salah satu penyembuhan paling efektif yang sering menjadi rekomendasi adalah dengan melakukan rehabilitasi. Dalam proses ini, biasanya penderita akan diberikan program-program untuk memperbaiki mentalnya. Mulai dari penggunaan obat-obatan medis hingga pemberian hipnoterapi. Berikut ini jenis-jenis gangguan mental yang harus direhabilitasi.

Macam-Macam Gangguan Mental yang Wajib Diwaspadai

1. Penderita Skizofrenia
Dikutip dari http://gumilar.net/, Skizofrenia merupakan salah satu penyakit mental yang cukup kronis dimana seseorang memiliki gangguan proses berfikir dan kesulitan membedakan antara kenyataan dan khayalan. Penderita penyakit ini biasanya tidak bisa mengingat maupun memahami masalah tertentu. Penyakit ini merupakan gangguan mental yang cukup sering ditemukan pada masyarakat. Kebanyakan penderita penyakit ini memiliki usia antara 16-30 tahun dan lebih banyak dialami pria.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab penyakit ini, mulai dari genetik hingga faktor lingkungan. Kondisi senyawa dan struktur otak yang berbeda juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami gangguan skizofrenia. Faktor lingkungan lebih banyak disebabkan karena kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami stress yang berat. Penyembuhan skizofrenia yang paling tepat adalah dengan melakukan rehabilitasi mental. 

2. Kecanduan Game Online
Kecanduan game online juga termasuk dalam jenis-jenis gangguan mental yang harus direhabilitasi. Hal ini dikarenakan orang yang sudah memiliki ketergantungan terhadap game akan sulit mengontrol keinginannya. Efek yang timbul akibat kecanduan ini bisa bermacam-macam seperti halusinasi kinestetik, gangguan emosional hingga perilaku eksesif. Bahkan WHO sendiri memasukkan kecanduan game online sebagai gangguan mental.

Kecanduan game online lebih banyak menyerang kalangan anak-anak dan remaja. Kondisi ini bisa menyebabkan anak-anakmalas belajar sehingga prestasinya menurun. Meskipun sebenarnya kegiatan bermain game adalah hal yang wajar. Namun, jika berlebihan bisa menyebabkan seseorang lupa waktu, mengabaikan lingkungan sosial hingga mengabaikan kesehatannya sendiri. Maka dari itu perlu dilakukan rehabilitasi agar kecanduan ini bisa dihentikan.

Adapun kategori kecanduan game online yang masuk dalam jenis-jenis gangguan mental bisa dikenali dengan beberapa gejala diantaranya gangguan kontrol untuk melakukan mainan, lebih memprioritaskan bermain dibandingkan kegiatan yang lain, intensitas setiap harinya semakin meningkat, serta pola yang sudah berlangsung selama 12 bulan.

3. Conduct Disorder 
Conduct Disorder merupakan gangguan perilaku yang biasanya terjadi pada anak-anak meliputi, perilaku yang menyimpang dan melanggar norma-norma yang sudah diajarkan. Biasanya gangguan ini sering dialamioleh anak yang berusia 6-8 tahun. Anak perempuan lebih rentan mengalami conduct disorder dibandingkan anak laki-laki. Beberapa ciri-ciri gejala ini antara lain sering mendebat orang tua, sering kehilangan kendali dan sering melakukan perkelahian fisik.

Banyak faktor yang menyebabkan anak bisa mengalami conduct disorder. Jenis-jenis gangguan mental ini bisa saja disebabkan karena kondisi mental yang belum matang, emosi yang tidak stabil, hingga kondisi sosial seperti lingkungan keluarga maupun pergaulan anak.

Pengobatan terhadap gangguan ini tidak bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan medis. Umumnya penyembuhan dilakukan dengan memberikan terapi seperti hipnoterapi maupun terapi binaural beats. Akan lebih baik lagi jika dilakukan rehabilitasi karena penyembuhannya bisa menghasilkan perilaku anak  yang lebih baikdan lebih teratur.

4. Phubbing
Phubbing merupakan salah satu gangguan pada seseorang yang lebih sibuk memainkan handphone sehingga dia mengabaikan orang lain. Kondisi ini seringkali dialami oleh orang-orang dewasa. Mereka lebih sering sibuk dengan gadgetnya sendiri. Ketergantungan terhadap gawai dan medsos ini bisa menyebabkan gangguan jiwa seperti nomophobia, cyberchondria hingga phobosocial. 

Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengobati salah satu jenis-jenis gangguan mental tersebut, antara lain pemberian obat-obatan psikiater, ruqyah syar’iyyah, bekam, terapi sholat hingga rehabilitasi psikologis. Untuk penyembuhan rehabilitasi mental umumnya bersifat jangka panjang sehingga membutuhkan waktu sekitar 4 bulan. Namun pengobatan ini dinilai cukup efektif dalam menyembuhkan gangguan mental phubbing.

Rehabilitasi merupakan salah satu metode penyembuhan untuk gangguan mental dengan menerapkan program-program tertentu. Adapun beberapa gangguan mental dimana penderitanya harus direhabilitasi adalah skizofrenia,kecanduan game online, conduct disorder, dan phubbing. Dalam rehabilitasi ini biasanya penderita akan diberikan hipnoterapi untuk menghilangkan memori pada alam bawah sadar, serta memunculkan motivasi baru untuk berubah. 

Posting Komentar

0 Komentar