Tips dan Trik Hasilkan Gambar Terbaik dengan Kamera Pocket

Saat ini ada banyak pilihan kamera pocket dengan fitur – fitur yang canggih. Buat kamu yang aktif di dunia sosial media terutama Instagram, tidak ada salahnya nih untuk membeli kamera Sony Dsc Rx100m5a yang memiliki bobot sangat ringan. 

dsc rx100m5a

Bagi kamu yang suka travelling, kamera poket merupakan pilihan sangat tepat. Karena kamera pocket seperti Sony Dsc Rx100m5a ini, selain memiliki ukuran yang mini, juga memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Dan kabar baiknya lagi, kamu bisa mendapatkan kamera sony dsc rx100m5a melalui toko online terpercaya di indonesia yaitu Blibli.com. Nah bagi kamu ingin menghasilkan foto - foto berkualitas dan memukau melalui kamera pocket, berikut ini beberapa tipsnya.

Pahami fitur kamera
Jika menggunakan kamera  pocket, perhatikan beberapa fiturnya seperti resolusi kamera, optical dan digital zoom, shooting mode, shutter speed dan macro mode.

Perhatikan cahaya
Jangan lupa untuk memperhatikan dari mana arah datangnya cahaya. Kamera pocket memiliki keterbatasan dalam mengatur kontras tinggi seperti cahaya di siang hari. Karena itu, perhatikanlah waktu pemotretan. Pagi dan sore hari merupakan waktu yang pas untuk memotret gambar. Selain itu, atur komposisi agar cahaya berimbang di tiap bagian dan sudut gambar.

Memotret lebih banyak
Ambilah gambar sebanyak mungkin seperti layaknya fotografer profesional. Variasikan sudut pemotretan, setting maupun komposisi. Setiap gambar yang diambil tentu memiliki tampilan dan gambaran yang berbeda satu sama lain. Buat lebih banyak foto, hapus yang kurang baik dan pilih yang terbaik.

Antisipasi shutter lag
Hal ini berlaku buat kamu yang akan memotret menggunakan kamera pocket. Memotret dengan kamera pocket biasanya sering tidak real time karena ada jeda antara waktu pemotretan dan waktu gambar berhasil terekam yang biasa disebut dengan shutter lag. Cara mengatasinya adalah dengan cara memencet tombol shutter satu atau dua detik sebelum merekam momen yang ingin kamu abadikan.

Point of View
Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika mengambil gambar adalah sudut pkamung kamu. Sebuah gambar bisa lebih menarik ketika diambil dari sudut yang tidak biasa. Jangan takut untuk berbaring dan melihat ke subjek kamu, pendekatan yang dinamis saat memotret hewan peliharaan atau anak-anak. Sama, kamu bisa mencoba mendaki ke sudut pkamung yang lebih tinggi dan melihat ke bawah pada objek kamu.

Gunakan mode Manual
Dengan mode manual kamu akan mudah dalam melakukan kontrol terhadap cahaya dan bisa menghasilkan foto yang setara dengan kamera DLSR. Kamera poket yang memiliki fasilitas ini biasanya memiliki harga di atas kamera poket biasa. 

Macro Mode
Membuat foto macro menggunakan kamera poket sangatlah menyenangkan. Pada mode ini kamu harus membuat flash tetap off agar natural hasilnya. Juga manfaatkan macro mode untuk membuat latar belakang lebih blur/bokeh.

Slow Speed
Jika motret di indoor dengan mode Flash-off, maka kamu akan selalu mendapatkan slow speed. Kamera poket akan mengeluarkan simbol tangan yang merupakan tanda kita motretnya tidak boleh goyang. Kalau tangan kita stabil maka foto dengan efek slow akan kamu dapatkan.

Gunakan file RAW
Untuk hasil olah digital yang maksimal kita harus selalu menggunakan file RAW. Jika tidak ada format RAW pilihlah file yang berukuran besar. Kamera poket sat ini sudah memiliki ukuran file yang hampir sama dengan kamera DLSR.

Dari segi non teknis, kamera poket sony dsc rx100m5a ini memiliki keuntungan karena ukuran yang kecil membuat para traveller mudah mengeluarkan kamera dari saku.

Posting Komentar

1 Komentar