Ini dia Tips Merawat Kulkas 2 Pintu

kulkas low watt 2 pintu

Hampir di seluruh rumah mempunyai kulkas untuk menyimpan bahan makanan agar tidak cepat basi dan membusuk. Karena kulkas dapat membuat bahan makanan menjadi lebih tahan lama dan menjaganya agar tetap fresh. Kulkas adalah salah satu alat yang sangat bermanfaat bagi manusia sebagai tempat penyimpanan makanan sebagai fungsi utamanya. Banyak toko peralatan elektronik yang menyediakan berbagai jenis kulkas. Ada yang memiliki satu pintu maupun dua pintu. Orang lebih memilih yang memiliki 1 pintu karena dinilai berdaya listrik rendah, tetapi sebenarnya adapula kulkas low watt 2 pintu. Ada juga yang menyediakan kulkas berukuran besar ataupun yang memiliki ukuran minimalis. Selain itu terdapat pula kulkas yang memiliki daya listrik tinggi dengan keunggulan-keunggulan fitur yang menarik, serta ada juga yang berdaya listrik kecil namun dengan manfaat yang sama. 

Jika Anda lebih memilih menggunakan kulkas dengan 2 pintu dengan alasan lebih praktis karena dapat dipisah antara bahan makanan dan untuk pendingin yang digunakan untuk membuat es batu, tentunya pasti ada cara khusus untuk perawatanya. Berikut adalah tips merawat kulkas dengan 2 pintu.

1. Pintu kulkas hendaknya selalu ditutup dengan rapat
Setelah menggunakannya, pastikan pintu selalu tertutup dengan rapat. Karena jika masih terbuka sedikit saja, udara luar akan masuk sehingga daya listrik untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap dingin akan meningkat. Selalu cek kembali apakah pintu sudah tertutup sempurna meskipun biasanya di setiap pintu kulkas terdapat magnet yang dapat menarik dan menutup pintu kulkas meskipun hanya dengan dorongan yang ringan.

2. Kapasitas isi kulkas selalu diperhatikan 
Banyak toko elektronik yang menjual bermacam jenis kulkas dengan kapasitas berbeda. Ketika sudah menentukan kulkas berkapasitas sesuai yang diinginkan, maka hendaknya memperhatikan pula barang yang akan dimasukkan ke dalam kulkas. Jangan sampai kulkas tersebut berisi banyak barang yang melebihi kapasitas. Karena, semakin banyak isi didalam kulkas maka kulkas akan bekerja extra untuk mempertahankan suhu dingin didalamnya. Hal itu sangat mempengaruhi dari penggunaan daya listriknya juga. Adapula untuk penempatan botol atau benda lainnya yang ditempatkan di pintu kulkas. Sebaiknya tidak diisi dengan banyak barang karena dapat membuat pintu kulkas cepat rusak karena beban berlebih yang diberikan.

3. Atur juga temperatur yang digunakan secara berkala
Pengaturan temperature juga berguna untuk menghemat energy listrik. Misalnya ketika akan dibersihkan dapat diturunkan suhunya terlebih dahulu agar pembersihannya mudah. Setelah itu jangan lupa menaikkan kembali suhu kulkas ketika selesai dibersihkan. Suhu di dalam lemari es sebaiknya tidak lebih dari 4 derajat celcius agar makanan tetap dalam kondisi baik. Untuk freezer dapat diatur dengan suhu dibawah 0 derajat celcius sehingga dapat mempertahankan es agar tidak mudah mencair.

4. Makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas hendaknya tidak diletakkan ketika masih panas

hal ini dikarenakan kulkas akan melawan hawa panas tersebut dengan daya listrik yang cukup banyak. selain itu jika makanan atau minuman tersebut diletakkan di wadah yang terbuat dari kaca akan mengakibatkan wadah tersebut pecah karena terkena perubahan suhu yang sangat drastis. Sebaiknya makanan dan minuman yang bersuhu panas tersebut diletakkan diluar kulkas hingga suhunya menurun sebelum dimasukkan kedalam kulkas.

5. Perhatikan pula tempat untuk meletakkan kulkas
Dalam menentukan meletakkan kulkas, perhatikan agar tidak terlalu denkat dengan kompor apabila diletakkan di dapur. Karena suhu panasnya dari kompor ketika digunakan akan mengurangi kinerja kulkas itu sendiri. Dan beri jarak antara kulkas dengan dinding untuk menjaga sirkulasi udara pada kondensor tetap dalam keadaan baik.

6. Lakukan pembersihan pada setiap bagian kulkas
Pembersihan ini juga dapat menjaga agar kulkas 2 pintu yang Anda miliki tetap dalam kondisi baik. Anda harus membersihkan kulkas bagian dalam jika dirasa sudah kotor dan penuh dengan noda makanan yang disimpan didalamnya. Selain bagian dalam jangan lupa untuk membersihkan bagian kondensor pada kulkas. Bisa jadi pemakaian kulkas selama berbulan-bulan menjadikan kondensor tertutup debu sehingga pelepasan panas tidak maksimal. Jadi Anda harus sekalian membersihkan bagian ini juga ketika membersihkan kulkas agar tetap awet.

Posting Komentar

0 Komentar