Apakah Usaha Secara Online Butuh Izin Usaha ?


Menjalankan sebuah bisnis secara online memang menjadi pilihan banyak pengusaha. Alasannya adalah menjalankan bisnis secara online jauh lebih mudah serta lebih menjanjikan jika dibandingkan menjalankan bisnis secara offlline. Menggunakan jasa perizinan usaha untuk membantu menyelesaikan permasalahan perijinan usaha, tentu saja akan mempermudah para pengusaha yang ingin mengurus perijinan menjadi lebih mudah. Jasa ini memberikan fasilitas kepada para pengusaha baik itu pengusaha online maupun kepada pengusaha offlline untuk mendapatkan ijin usaha ke instansi yang berkaitan. Sehingga para pengusaha akan merasa sangat terbantu dengan adanya jasa ini untuk membantu pengusaha untuk mendapatkan ijin usaha yang diperlukannya.

Meskipun dalam polemik bahwa setiap pemilik usaha onlline wajib memiliki ijin usaha, namun apabila dikaji lebih detail, akan ada banyak sekali manfaat yang akan diperoleh jika seorang pemilik usaha online jika memiliki ijin usaha resmi. Berikut penjelasannya:
  • Apabila seorang pengusaha online memiliki ijin usaha secara resmi maka manfaatnya adalah bisa mendapatkan sebuah kemudahan dalam promosi usaha. Misalnya pengusaha online akan diberikan kesempatan untuk mempromosikan usahanya secara gratis. Pihak instansi yang berwenang biasanya akan memiliki moment tertentu yang membuka kesempatan untuk pemilik usaha memamerkan usaha yang dimilikinya. Bagi pengusaha online yang memiliki ijin usaha resmi tentu saja akan diprioritaskan mengikuti pameran usaha secara gratis yang tentu saja meningkatkan kemungkinan perluasan jaringan usaha.

  • Bagi yang memerlukan tambahan modal untuk usaha tidak perlu khawatir. Biasanya instansi yang berkaitan sering memiliki fasilitas untuk para pengusaha agar bisa mendapatkan dana hibah untuk penambahan modal usaha. Bagi anda yang memiliki usaha secara online dan sudah terdafar tentu saja memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan fasilitas dana hibah yang dimiliki oleh instansi terkait. Peluang inilah yang menjadi kesempatan yang sangat jarang untuk dimanfaatkan oleh pengusaha. Modal dana hibah ini memiliki kelebihan yakni tidak perlu dikembalikan. Sehingga pengusaha online yang mendapatkannya tidak perlu memikirkan cara untuk mengembalikan dana tambahan modal yang sudah diberikan.

  • Bagi pengusaha bisnis online dalam bidang makanan maupun minuman, ketika sudah memiliki ijin untuk usaha online yang didirikannya maka jika membutuhkan sertifikasi halal, serifikat dari BPOM dan lain sebagainya jauh lebih mudah untuk memperolehnya. Sebab perijinan usaha yang sudah dimiliki membuat proses pemberian sertifikat halal, maupun dari BPOM lebih mudah dikeluarkan. Apabila dibandingkan dengan usaha online yang sama sekali tidak memiliki ijin usaha. Tentu saja ini menjadi nilai lebih untuk pemilik usaha online jika ingin memiliki sertifikat halal untuk keberlangsungan usahanya. Setidaknya untuk membuat usaha lebih lancar, maka ijin usaha harus dimiliki.

  • Apabila bisnis online sudah memiliki ijin resmi, maka ketika sebuah masalah terjadi atau menerpa usaha yang bersangkutan maka lebih mudah untuk menyelesaikannya. Ketika legalitas usaha online yang didirikan sudah resmi terdaftar, maka permasalahan yang terjadi di kemudian hari mudah untuk diselesaikan secara hukum. Legalitas usaha akan lebih menjamin keberlangsungan bisnis. Termasuk ketika adanya sengkete usaha dalam bidang apapun termasuk untuk proses penyelesaian permasalahan bisa mudah dilakukan di pengadilan dan kemungkinan terjamin akan lebih besar. Apabila sebuah usaha tidak memiliki perijinan secara resmi, tidak menutup kemungkinan jika terjadi masalah seperti sengketa hukum akan sulit untuk memenangkannya karena usaha online tersebut tidak memiliki ijin resmi dan legal.

Kepemilikan ijin usaha untuk bisnis online memang tidak diragukan lagi manfaatnya. Legalitas sebuah usaha memang jelas-jelas memiliki kelebihan yang banyak dibandingkan sebuah usaha yang sama sekali tidak memiliki legalitas resmi. Ketika sebuah bisnis online memiliki ijin usaha secara resmi, maka otomatis usaha online tersebut sudah terdaftar di dalam instansi yang berkaitan. Ketika bisnis online tersebut terdaftar resmi dalam instansi terkait, maka segala jenis fasilitas yang khusus diberikan untuk pengusaha baik dalam skala kecil maupun skala besar bisa diperoleh. Terutama jika ingin mengembangkan usaha menjadi lebih maju. Termasuk untuk fasilitas modal usaha yang kemungkinan lebih mudah untuk didapatkan ketika usaha online memiliki legalitas resmi dan terdaftar di kementrian.

Posting Komentar

0 Komentar