Variabel penting dalam Membangun Merk Dagang


brand development

Dalam sebuah brand development mengetahui variabel yang tepat untuk setiap produksi adalah sebuah hal penting yang harus dilakukan. Variabel ini berguna untuk menentukan kisaran tertinggi jumlah biaya produksi yang akan dikeluarkan untuk suatu produk tertentu. Dalam membangun sebuah brand baru, diperlukan perencanaan yang matang dan teratur agar setiap langkah yang diambil tidak merugikan produsen. Terdapat beberapa perbedaan keyakinan dari para professional mengenai jumlah variabel dagang yang harus dikeluarkan untuk setiap satu item yang diproduksi. Akan tetapi perbedaan – perbedaan tersebut memiliki inti yang sama yaitu memberikan variable terkecil untuk hasil yang sebesar – besarnya.

Variabel dagang adalah biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh produsen untuk memproduksi sebuah item produk yang akan di produksi. Sering kali variabel ini disebut dengan variabel cost. Variabel cost adalah biaya yang terus berubah – ubah sesuai dengan jumlah produksi dari suatu perusahaan. Perubahan ini terjadi karena jumlah item yang diproduksi jumlahnya terus berubah. jumlah produksi barang atau item yang tidak menentu membuat variabel cost ini juga semakin berubah. Semakin besar dan banyak jumlah barang yang dihasilkan, maka akan makin banyak juga variable cost yang dikeluarkan begitu juga sebaliknya semakin sedikit jumlah barang atau item yang diproduksi maka akan kecil juga biaya produksi yang dikeluarkan oleh produsen.

Dalam menghadapi persaingan dagang yang makin lama makin ketat dibutuhkan banyak persiapan dan backing yang mumpuni agar produk yang ditawarkan dapat bertahan di pasaran. Dengan perkembangan modern saat ini makin banyak pula produsen yang mengembangkan produk – produk serupa yang hampir mirip satu sama lain. Produsen – produsen tersebut bersaing di pasaran untuk bisa mendapatkan hati para calon konsumen. Semakin kreatif dan banyak fitur dari produk tersebut maka makin banyak pula masyrakat yang tertarik. Salah satu faktor penting yang tidak boleh disepelekan begitu saja adalah daya jual dari barang tersebut. Harga yang ditawarkan untuk sebuah produk juga mempengaruhi penjualan produk tersebut. Makin mahal produk tersebut makin sedikit pula kalangan yang mampu membelinya. Beda hal nya dengan barang yang memiliki harga jual cenderung rendah. Penjualan barang tersebut akan lebih laris karena jarang sekali orang memilih barang dari kualitas nya. Yang pertama dilihat dari suatu barang adalah harga yang murah dan model yang bagus. Hal tersebut pula yang membuat variabel sangat penting dalam pengembangan merek dagang. Variabel cost menentukan berapa kemampuan dari suatu perusahaan. Berikut beberapa alasan kenapa sebuah variabel cost sangat penting:

1.    Variabel costing sebagai penentu harga pokok

Dalam sebuah merek dagang harga tentu adalah masalah yang sangat krusial. Penentuan harga juga tidak dapat sembarangan ditentukan. Penentuan harga harus dilihat dari biaya bahan baku, biaya tenaga, admisnistrasi, biaya overhead perusahaan biaya – biaya lain yang terdapat pada saat produksi dilakukan. Variabel cost sebagai penentu harga pokok dari sebuah barang. Saat baiya produksi dan biaya – biaya lain telah tercover sempurna maka harga pokok bisa ditentukan. Penentuan tersebut nantinya yang akan mempengaruhi sebuah mereka dagang. Harga yang diebrikan harus sesuai dengan mangsa pasar yang ingin dicapai. Mangsa pasar menengah ke bawah tidak akan bisa diberi harga untuk pasar menengah ke atas. Hal tersebut nantinya yang akan membuat penjualan menjadi menurun. Penjualan yang menurun atau tidak memenuhi kuota yang diharapkan akan membuat produsen mengalami kerugian.

2.    Managemen dapat menentukan besaran laba dan kerugian jika produk tidak laku

Variabel cost juga berguna untuk menentukan besaran laba pada tiap produk dan berguna untuk menekan kerugian saat barang tersebut tidak laku di pasaran. Hal tersebut juga berguna untuk pengambilan keputusan jangka pendek jika sewaktu – waktu terjadi kolaps atau masalah teknis pada bidang produksi. Bagian managemen dapat membuat solusi cepat berdasar perhitungan untung rugi dari variabel cost yang telah dilakukan sejak awal proses produksi. Hal tersebut berguna untuk menghindari kerugian yang lebih banyak. Kerugian dapat ditekan jika penggunaan variabel cost dilakukan secara benar.

Posting Komentar

0 Komentar