Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah dan Cara Mengatasinya

Pada umumnya ada banyak sekali jenis sakit yang kerap dialami pada bagian perut. Mulai dari rasa sakit ringan hingga rasa nyeri yang menusuk tajam. Kondisi yang satu ini juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan kondisi. Bahkan lokasi rasa nyeri tersebut juga bisa menjadi petunjuk apa penyebabnya. Berikut penyebab sakit perut sebelah kanan bawah dan cara mengatasinya.  

Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan
Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan bawah yang umum terjadi. Beberapa penyebab timbulnya rasa sakit yang satu ini antara lain seperti usus buntu, batu empedu, kolesistitis, hepatitis, hingga kehamilan ektopik. Pada umumnya rasa nyeri dan gejala yang timbul juga relatif berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. 

Lokasi Rasa Nyeri Juga Bisa Menentukan Penyebabnya
Selain beberapa faktor di atas, lokasi rasa nyeri perut pada bagian kanan juga dapat dibedakan berdasarkan lokasinya. Tak hanya bisa menjadi indikasi adanya penyakit serius saja, namun rasa nyeri pada perut bagian kanan bawah juga dapat disebabkan karena cedera, gangguan leher rahim, batu ginjal, dan endometriosis. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri. 

Upaya untuk Mengatasi Gangguan yang Satu Ini
Pada umumnya untuk mengurangi frekuensi rasa sakit yang terjadi pada bagian perut, Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan dalam porsi lebih kecil. Perlu untuk diingat, jangan sebarangan mengonsumsi obat-obatan bebas seperti ibuprofen dan aspirin. Terlebih lagi jenis obat-obatan yang satu ini justru akan memperparah gangguan jika tidak disertai dengan resep dokter. 

Jika rasa nyeri tersebut terus terjadi dna tak kunjung mereda, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan pernah menunda untuk melakukan pemeriksaan yang satu ini. pasalnya rasa nyeri pada bagian perut kanan bawah membutuhkan penangan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Bahkan terkadang Anda juga harus melewati pemeriksaan CT Scan dan rontgen. 

Kenali Tanda-Tanda Darurat
Biasanya sakit perut yang terjadi pada sebelah kanan bawah cenderung membutuhkan bantuan medis jika terjadi akibat cedera atau kecelakaan. Namun hal ini juga bisa saja terjadi jika rasa nyeri tak kunjung reda hingga sang penderita tak bisa duduk yang diringi dengan buang air besar yang disertai dengan darah, kulit berwarna kuning, mual dan muntah, hingga bengkak pada perut. 

Perlu untuk diingat, jika Anda sudah mengalami gejala di atas, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Terlebih lagi jika rasa nyeri pada bagian perut sebelah kanan bawah tersebut terjadi secara berkepanjangan hingga mengganggu aktivitas Anda. Selain itu hindari mengonsumsi obat-obatan bebas yang tidak cocok dengan kondisi Anda. 

Demikian penjelasan mengenai penyebab, gejala, dan indikasi yang perlu Anda perhatikan ketika mengalami rasa nyeri pada perut bagian kanan bawah. Pastikan jangan menyepelekan rasa nyeri yang satu ini karena bisa saja menjadi indikasi adanya penyakit yang serius. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar sakit perut sebelah kanan bawah di orami.co.id.  

Posting Komentar

0 Komentar