5 Tips Cara Merawat HP Supaya Awet Dan Tahan Lama Digunakan

Samsung Galaxy J7 Duo

Penggunaan ponsel saat ini sudah menjadi kebutuhan bahkan bisa dibilang kebutuhan primer untuk sebagian orang. Pasalnya ponsel tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi jarak jauh melainkan telah banyak memiliki kegunaan lainnya. Berkat adanya smartphone, orang bisa leluasa berkomunikasi secara luas melalui media sosial, ponsel dapat pula dipakai untuk penyimpanan file, aktifitas fotografi dan lainnya. Pentingnya peranan ponsel saat ini sehingga tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, untuk benda yang penting perlu pengaman tentunya. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus dilakukan agar ponsel tetap aman dan awet digunakan.

1. Pasang Kaca Anti Gores
Layar merupakan bagian penting pada ponsel. Bahannya yang terbuat dari kaca memang rentan terhadap benturan dan debu. Untuk melindungi layar kaca ponsel dari berbagai bahaya seperti benturan, goresan dan kotoran debu, lengkapi dengan menempelkan kaca anti gores. Saat ini adapula kaca anti gores yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung layar tetapi juga bermanfaat untuk mengurangi efek radiasi cahaya ponsel ke mata. 

2. Bersihkan Secara Berkala
Setiap hari ponsel digunakan untuk berbagai kebutuhan, dalam jangka waktu lama biasanya ponsel pasti terkena berbagai kotoran seperti debu. Agar ponsel tetap awet dan bersih, lakukan pembersihan secara teratur. Membersihkan ponsel bisa dengan menggunakan kain atau tissue kering lembut. Bersihkan bagian-bagian ponsel yang terkena debu dengan perlahan dan hati-hati. 

3. Matikan HP Saat Mengisi
Baterai merupakan komponen penting lainnya dari HP. Jika tidak bisa merawat ponsel dengan dengan benar maka baterai bisa cepat rusak atau lowbat. Salah satu cara agar baterai HP bisa tetap awet adalah dengan cara mematikan HP setiap kali melakukan isi ulang. Tunggu sampai baterai terisi penuh baru hidupkan. 

4. Gunakan Pelindung
Agar body ponsel terlindungi dari berbagai macam bahaya, gunakan pelindung ponsel berupa casing. Ada banyak jenis macam casing saat ini, mulai dari yang model biasanya hingga yang berupa karakter. Semuanya sama-sama memiliki fungsi sebagai pelindung, fungsi lainnya dapat juga untuk memperindah tampilan ponsel. 

5. Segera Lepas Charger Saat Penuh
Salah satu kebiasaan buruk dan sering dilakukan oleh banyak pengguna HP adalah tidak melepaskan segera charger saat baterai telah terisi penuh, padahal hal ini kurang baik dan bisa berdampak buruk bagi kualitas baterai ponsel. Untuk itu, jika kamu ingin HP kamu tetap awet lepaskan segera charger jika baterai telah terisi full. 

Itu tadi beberapa tips agar ponsel tetap awet dan dapat digunakan dalam waktu lama. Apapun merk dan harga ponsel yang kamu punya, harus bisa dijaga dengan baik. Jika tertarik ingin mengganti HP lama dengan yang baru, seperti ponsel dari merk Samsung, kamu bisa melakukan cek harga Samsung J7 Duo  atau lainnya melalui berbagai toko online ternama. Semoga info ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Posting Komentar

0 Komentar