Perbandingan TV Tabung Dan Kelebihan TV LCD

Saat ini teknologi semakin cepat berkembang. Namun seringkali perkembangan teknologi tersebut tidak sejalan dengan kebutuhan para penggunanya. Salah satunya adalah soal teknologi perangkat televisi. Kita yakin bahwa sekarang ini televisi LCD sudah menjadi salah satu perangkat televisi yang sangat populer di kalangan masyarakat. Harga TV LCD murah pun kian marak, sehingga TV LCD bukan lagi barang mewah seperti halnya di awal perkembangannya.  

TV LCD MURAH
Perlu kita ingat bahwa perbedaan utama antara TV tabung dengan TV LCD adalah pada teknologi yang diusungnya. Perangkat TV tabung menggunakan proses gambvar secara analog sedangkan untuk TV LCD memproses gambar secara digital. Jenis layar yang digunakan oleh keduanya pun berbeda pula. Dimana TV tabung menggunakan layar CRT (Cathode Ray Tube) sedangkan untuk TV LCD menggunakan panel semikonduktor. 

Untuk lebih jelas lagi, dibawah ini merupakan perbedaan antara TV tabung dengan TV LCD. 

1. Resolusi Layar
Tv tabung tidak memiliki native resolution. Karena proses gambar masih analog, maka resolusi TV tabung diukur oleh banyaknya pitch pada CRT nya. Untuk TV LCD sudah memiliki native resolution yaitu resolusi yang sudah ditampilkan oleh layar tersebut. Maka dari itu, tv LCD hanya akan menampilkan layar gambar baik pada resolusi nativenya. 

2. Konsumsi Listrik
Untuk TV tabung masih menggunakan komponen listrik CRT sehingga kebutuhan daya akan listrik besar. Sedangkan untuk TV LCD hanya memerlukan konsumsi daya listrik hingga 70% lebih rendah dibandingkan dengan TV tabung. 

3. Ukuran Dimensi
TV tabung memiliki ukurang yang lebih tebal dan bobotnya pun lebih berat. Sehingga terkesan memnuhi rangan dan kurang praktis utnuk dipindah tempatkan. Sedangkan untuk TV LCD hanya memiliki bobot yang jauh lebih ringan dan ketebalnnya pun beberapa senti meter saja. Dapat ditaruh di dinding dan mudah dipindah tempatkan dimanapun.

Perbedaan antara TV tabung dan TV LCD tentu saja berbeda. Artinya TV LCD lebih bagus dibandingkan dengan TV tabung, baik dari segi konsumsi listrik maupun kualitas darinya. Masalah harga, harga TV LCD murah sekarang ini sudah banyak, termasuk beberapa macam TV LCD besutan Panasonic. 

Posting Komentar

0 Komentar