Alat Reproduksi Wanita (GENETALIA) Dalam

Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang sistem reproduksi wanita bagian dalam secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini. 

Guesehat Reproduksi Wanita

1.    Vagina
Vagina ialah muskulo membranasea (Otot-Selaput) yang menghubungkan rahim dengan dunia luar. Vagina ini mempunyai panjang sekitar 8 – 10 cm, terletak antara kandung kemih dan rektum, mempunyai dinding yang berlipat – lipat, lapisan terluarnya adalah selaput lendir, lapisan tengahnya tersusun oleh otot-otot, dan lapisan paling dalam yang berupa jaringan ikat yang berserat. Vagina mempunyai sebagai jalan lahir, sebagai sarana dalam hubungan seksual dan sebagai suatu saluran untuk mengalirkan darah dan lendir saat menstruasi.
2.    Uterus (Rahim)
Uterus ialah suatu organ berongga yang membentuk seperti buah pir dengan berat sekitar 30 gram, dan tersusun oleh lapisan – lapisan otot. Ruang pada rahim (Uterus) ini membentuk segitiga dengan bagian atas yang lebih lebar. Fungsinya yaitu sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya janin. Otot pada uterus ini bersifat elastis yang sehingga bisa menyesuaikan dan menjaga janin ketika proses kehamilan selama 9 bulan.
3.    Ovarium (Indung Telur)
Ovarium merupakan suatu kelenjar reproduksi wanita yang utama, mempunyai fungsi untuk menghasilkan ovum (Sel telur) dan penghasil hormon seks utama. Ovarium membentuk oval, dengan panjang 2,5 – 4 cm. Terdapat sepasang Ovarium yang terletak di kanan dan kiri, dan dihubungkan dengan rahim oleh tuba fallopi. Pada umumnya setiap Ovarium pada wanita yang sudah pubertas mempunyai 300.000-an, dan sebagian besar sel telur ini mengalami suatu kegagalan pematangan, rusak atau mati, yang sehingga benih sehat yang ada sekitar 300 – 400-an benih telur dan 1 ovum dikeluarkan setiap 28 hari oleh ovarium kiri dan kanan secara bergantian melalui suatu proses menstruasi, yang sehingga saat benih telur habis, terjadilah menopause . Ovarium juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang mempunyai peran dalam proses Menstruasi.
4.    Tuba Fallopi (Oviduk)
Tuba Fallopi (Oviduk) yaitu suatu organ yang menghubungkan Uterus (Rahim) dengan Indung Telur (Ovarium). Tuba Fallopi (Oviduk) juga sering disebut dengan saluran telur karena bentuknya yang seperti saluran. Organ ini berjumlah dua buah dengan panjang 8 – 20 cm.


Itulah ulasan tentang Pengertian Dan Bagian-Bagian Alat Reproduksi Wanita Beserta Fungsinya Lengkap dan bisa menjadi tips cantik tanpa sakit.

Posting Komentar

0 Komentar