Terbukti! Inilah Cara Mudah Mengurus STNK yang Hilang

Cara Mengurus STNK Hilang Cekaja

Kehilangan sesuatu yang berharga memang menyakitkan, namun lebih menyakitkan lagi ketika Anda menangisinya berlarut-laut. Ya! Bersegeralah mencarinya kembali. Seperti halnya kehilangan Surat Tanda Motor Kendaraan (STNK). Cari! Jika tidak ketemu bagaimana? Ini solusinya, simak penjelasan cara mengurus STNK hilang berikut ini.

1. Buat Laporan Kehilangan di Kantor Polisi
Anda bisa mendatangi kantor polisi terdekat, dan beritahu mengenai kehilangan STNK Anda. Sampaikan dengan jelas dan sopan. Tangkap apa informasi penting yang diberikan kepada Anda, lalu bersegeralah memenuhinya.

2. Siapkan Berkas-Berkas yang Dibutuhkan.
Berikut persyaratan dokumen yang harus Anda lengkapi untuk penggantian STNK yang hilang:
a. KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi)
b. Fotokopi STNK yang hilang
c. Surat keterangan kehilangan dari Polsek ataupun Polres setempat.
d. BPKB asli maupun fotokopi

3. Datang ke Kantor SAMSAT
Jika sudah memastikan seluruh berkas yang dibutuhkan lengkap, cara mengurus STNK hilang selanjutnya adalah dengan mendatangi kantor SAMSAT (Sistem Menunggu Satu Atap) sebagai tempat penerbitan atau pengesahan STNK oleh tiga instansi, seperti Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja.

4. Cek fisik kendaraan Anda, kemudian fotokopi hasil cek tersebut.
a. Mengisi formulir pendaftaran. Isi dengan penuh ketelitian, jangan sampai ada yang salah.
b. Mengurus cek blokir (surat keterangan hilang dari SAMSAT), yang berisi keterangan kebasahan STNT terkait. Lampirkan juga hasil cek fisik kendaraan.
c. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. Lampirkan juga semua berkas surat keterangan hilang dari SAMSAT.
d. Melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Jika sudah, maka Anda bebas dari biaya pajak.
e. Setelah itu, Anda membayar biaya pembuatan STNK baru. Untuk kendaraan bermotor roda dua, roda tiga, atau angkutan umum, dikenakan biaya Rp50.000,-. Sedangkan kendaraan roda empat, atau lebih, dikenakan biaya Rp75.000,-. 

5. Langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu menyerahkan bukti pembayaran dari kasir ke bagian pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Inilah informasi penting mengenai cara mengurus STNK hilang. Jika Anda tidak mau jatuh ke lubang yang sama, maka jagalah baik-baik STNK Anda. Jagalah barang berharga tersebut, seperti halnya Anda menjaga diri sendiri.

Posting Komentar

1 Komentar