6 Manfaat Berenang yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Manfaat Berenang

Berenang dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan di tengah-tengah penatnya aktivitas sehari-hari. Perasaan segar ketika menceburkan diri ke dalam kolam menjadi salah satu alasan mengapa orang-orang dari berbagai background menyenangi kegiatan yang juga dijadikan salah satu cabang olahraga profesional ini. 

Anda mungkin telah banyak mendengar bahwa berenang memiliki banyak manfaat, terlebih untuk anak-anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Salah satunya adalah berenang dapat membuat tubuh Anda lebih tinggi. Meskipun belum diketahui dengan pasti apakah kegiatan berenang benar-benar efektif untuk menambah tinggi badan, dengan melakukan aktifitas fisik yang cukup, salah satunya dengan renang, pertumbuhan atau penambahan tinggi badan akan semakin optimal.

Namun dengan kenyataan ini bukan berarti anda tidak perlu mengenalkan olah raga renang sejak dini pada anak. Banyak sekali manfaat berenang selain menambah tinggi badan. Beberapa di antaranya adalah pada anak-anak yang mempuyai riwayat asma atau sudah menderita asma, berenang dapat membantu melatih paru-parunya. Berenang juga dapat menjadi sarana yang efektif bagi anak untuk bersosialisasi, melatih keberanian, dan mengenal lingkungan baru. Untuk mengenalkan pada Anda betapa pentingnya berenang, berikut akan dipaparkan beberapa manfaat berenang yang mungkin Anda belum ketahui, di samping membuat tumbuh menjadi lebih tinggi.

1. Berenang dapat meningkatkan massa otot dan kekuatan
Bisa dilihat bahwa perenang memiliki massa otot dan kekuatan tubuh yang baik. Hal ini menjadi bukti bahwa kegiatan berenang akan sangat efektif untuk menambah massa otot dan kekuatan seluruh tubuh. Berbeda dengan berlari di mana yang terbentuk adalah massa otot kaki, berenang akan membentuk massa otot di seluruh tubuh. Gerakan berenang yang tidak hanya bertumpu pada satu bagian tubuh tertentu memungkinkan Anda untuk dapat membentuk otot seluruh tubuh Anda. 

2. Berenang dapat menambah massa tulang
Bertahun-tahun lamanya para ahli telah berdebat mengenai kebenaran berenang dapat membentuk massa tulang, di samping juga massa otot. Namun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kegiatan berenang terbukti dapat meningkatkan massa tulang yang cukup signifikan, kedua setelah kegiatan berlari.

3. Berenang dapat menjaga Anda tetap fleksibel
Gerakan berenang mengharuskan Anda untuk melakukan reach, stretch, twist, dan pull di dalam air. Dengan tekanan air, pergelangan kaki dan tangan Anda akan terlatih untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut. Dan tidak hanya pergelangan kaki dan tangan, tapi tubuh Anda secara keseluruhan.

4. Berenang dapat membakar kalori
Jika Anda sedang dalam program diet, aktivitas renang dapat membantu efektivitas program diet Anda. Banyak orang yang menyadari bahwa berenang memang dapat membakar kalori dalam tubuh, namun kebanyakan tidak menyadari bahwa pembakaran kalori ketika berenang akan setara dengan berlari di atas mesin treadmill. Sebagai contoh: untuk berenang selama 10 menit, berarti Anda telah membakar 60-150 kalori, tergantung pada jenis gaya renang yang Anda gunakan. 

5. Berenang baik untuk penderita asma
Beberapa penelitian medis telah membuktikan bahwa kegiatan renang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru, sehingga akan sangat bermanfaat untuk orang-orang pengidap penyakit sesak napas.  Namun jika Anda bukanlah pengidap asma, berenang juga dapat bermanfaat untuk organ paru-paru Anda, antara lain untuk meningkatkan volume paru-paru, dan membiasakan Anda dengan teknik bernapas yang baik.

6. Berenang menurunkan stress dan depresi
Stress karena rutinitas pekerjaan, atau urusan lain yang super hectic dan menginginkan suntikan endorfin alami? Berenang mungkin dapat menjadi jawabannya. Kegiatan berenang dinilai dapat membawa perasaan senang, bahagia, dan rileks. Efek yang sama yang Anda dapatkan dengan melakukan yoga. Selain itu, peneliti juga berpendapat bahwa berenag dapat menyembuhkan kerusakan pada otak yang disebabkan oleh stress melalui proses yang dinamakan hippocampal neurogenesis. Jadi, ketika Anda merasa stess, lelah, dan depresi, menceburkan diri ke dalam kolam renang mungkin adalah salah satu hal yang perlu Anda lakukan.

Nah, itulah enam manfaat lain berenang yang mungkin Anda belum ketahui. Selain menyenangkan, berenang ternyata sangat bermanfaat, bukan? Akan lebih bermanfaat lagi jika Anda tidak harus berbagai kolam renang dengan orang-orang lain di kolam renang umum. Luangkan sedikit ruang di halaman belakang rumah Anda untuk dibuat kolam renang pribadi, dan rasakan betapa nyamannya berenang di kolam renang milik sendiri. Namun untuk membangun kolam renang pribadi, Anda perlu untuk mencari tahu dan memilih penyedia jasa pembuatan kolam renang yang terpercaya dan berkualitas.

Posting Komentar

0 Komentar